IDCamp 2020 Memberikan Pilihan Beasiswa Belajar di 4 Learning Path

IDCamp 2020 memberikan beasiswa pelatihan coding online di 4 Learning Path (alur belajar) Utama yaitu Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer dan Machine Learning Developer yang tersedia mulai dari level dasar (basic), pemula (beginner), menengah (intermediate), mahir (expert) dan profesional (professional).

Modul pelatihan online IDCamp dikembangkan oleh Dicoding selaku Google Authorized Training Partners di Indonesia, bekerja sama dengan Indosat Ooredoo dengan memanfaatkan use case yang sering ditemui dalam dunia industri khususnya telekomunikasi dan digital, serta diperkuat dengan metode mentoring secara online.

Untuk kamu yang belum paham dengan masing-masing Learning Path tersebut silakan untuk membaca penjelasan dari masing-masing Learning Path berikut.

Android Developer

Seorang Android Developer adalah Software Developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi untuk pasar operating system Android. Menurut Google, sebagai pemilik dari Android, seorang Android Developer harus memiliki keahlian dalam app functionalityuser interfacedata managementdebugging dan testing. Mereka juga memiliki kemampuan dengan setidaknya bahasa pemrograman Java atau Kotlin walaupun industri merekomendasikan seorang Android Developer dapat menggunakan keduanya. Dan saat ini penguasaan terhadap Jetpack juga sudah menjadi kewajiban untuk mengoptimalkan proses mengembangkan aplikasi Android.

Kurikulum Android Developer di Dicoding telah dikembangkan langsung dengan Google menggunakan kurikulum resmi Google Developers. Setiap langkah dalam learning path ini telah didesain agar dapat mempersiapkan siswa mengambil ujian sertifikasi Associate Android Developer dari Google. Kelas yang akan dipelajari di dalam Learning Path ini adalah :

Front-End Web Developer

Seorang Front-End Web Developer adalah Software Developer yang bertanggung jawab untuk merancang dan membangun berbagai aplikasi web secara responsif, interaktif, dan juga user friendly. Seorang Front-End Web Developer memiliki peranan besar dalam pengembangan apiikasi web karena bertanggung jawab langsung kepada pengalaman pengguna. Di sini Anda akan diajarkan mulai dari dasar seperti pengenalan HTML, CSS kemudian menyusun layout yang responsif dengan Flexbox. Lalu Anda juga akan belajar cara membangun website dengan UI yang interaktif dan menghubungkan website dengan back-end server yang keduanya dilakukan menggunakan JavaScript. Hingga Anda akan belajar bagaimana cara membuat website yang dapat diakses secara offline dengan menerapkan Service Worker.

Kurikulum Front-End Web Developer di Dicoding telah dikembangkan dengan pelaku industri yang bergerak di bidang Web Development. Setiap langkah dalam learning path ini telah didesain agar siswa dapat memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjadi seorang Front-End Web Developer yang dapat memenuhi kebutuhan industri. Kelas yang akan dipelajari di dalam Learning Path ini adalah :

iOS Developer

Seorang iOS Developer adalah Software Developer yang berspesialisasi dalam merancang dan membangun aplikasi untuk pasar operating system iOS. Menurut Apple, sebagai pemilik dari iOS, seorang iOS Developer harus memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman Swift dan SwiftUI pada IDE XCode. Seorang iOS Developer harus mampu integrasikan teknologi mutakhir dari iOS untuk menciptakan pengalaman luar biasa pada aplikasinya.

Kurikulum iOS Developer di Dicoding telah dikembangkan dengan pelaku industri yang bergerak di bidang iOS Development. Setiap langkah dalam learning path ini telah didesain agar siswa dapat memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjadi seorang iOS Developer yang dapat memenuhi kebutuhan industri. Kelas yang akan dipelajari di dalam Learning Path ini adalah :

Machine Learning Developer

Seorang Machine Learning Developer adalah pakar dalam menggunakan data untuk model pelatihan. Model-model tersebut kemudian digunakan untuk mengotomatisasi proses seperti klasifikasi gambar, pengenalan suara, dan perkiraan pasar. Sering kali ada penggabungan dengan peran data scientist atau artificial intelligence (AI) engineer. Machine learning adalah subbidang AI yang berfokus pada analisis data untuk menemukan hubungan antara input dan output yang diinginkan. Seorang pengembang pemelajaran mesin harus mampu menghasilkan solusi yang dibuat khusus untuk setiap masalah dan mencapai hasil optimal dengan hati-hati memproses data dan memilih algoritma terbaik untuk konteks yang diberikan.

Kurikulum Machine Learning di Dicoding telah dikembangkan langsung bersama IBM dan Google menggunakan kurikulum resmi dari masing-masing perusahaan. Setiap langkah dalam learning path ini telah didesain agar siswa dapat memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjadi seorang Machine Learning Developer yang dapat memenuhi kebutuhan industri. Kelas yang akan dipelajari di dalam Learning Path ini adalah :

Tertarik untuk mendapatkan kesempatan beasiswa diatas? Segera daftar dan cek jadwal pengumuman masing-masing Learning Path di bagian Jadwal. Selamat belajar!