logo indosat oreedoo

Mengapa Saya Harus Mengikuti Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) ?

Sejak 2017, Next Billion Users adalah topik yang mengemuka dan coba dijawab berbagai pemimpin industri teknologi seperti Google. Tahun ini jadi jauh lebih penting karena banyak perusahaan dan developer aplikasi di negara maju sudah mulai fokus ke negara-negara Next Billion Users. Tentu kita sebagai salah satu warga negara Next Billion Users tak boleh kalah cepat, apalagi di negara sendiri.

Negara NBU adalah negara-negara dimana milyaran pengguna baru internet dan aplikasi mobile akan berasal. Belum semua warga negara ini mendapatkan akses ke internet dan perangkat seluler namun berdasarkan data dari Google, pertumbuhan akses / tersambungnya ke internet, sangat cepat.

Sebagai contoh, ada Brazil (baru 60% tersambung ke internet), Nigeria (baru 25% tersambung) dan Mesir (40% tersambung).  Mayoritas adalah negara Asia Selatan dan Asia Tenggara seperti India (30% tersambung), Pakistan (15% tersambung), Bangladesh (20% tersambung), Filipina (50% tersambung), Thailand (50% tersambung) dan tentunya negara tercinta Indonesia kita (baru sekitar 55% tersambung ke internet).

Apa yang menarik mengenai negara NBU sampai-sampai Google ingin spesifik mengembangkan aplikasi untuk negara-negara ini?

  1. 50% pengguna smartphone ada di Asia
  2. Ada 350 juta pengguna internet di Asia Tenggara
  3. Setiap tahun 40 juta pengguna internet baru bermunculan di India

Tentu ini berupa peluang yang besar bagi perusahaan dan developer aplikasi di negara maju.

Jika developer kita tidak cepat-cepat mempersiapkan diri, bagaimana jadinya? Salah satu solusi nya, developer dapat bergabung di program Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) untuk mempersiapkan diri di era serba digital ini.

Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) adalah bagian dari Indosat Ooredoo Future Digital Economy Lab, adalah sebuah program beasiswa dari Indosat Ooredoo untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital.

IDCamp merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat Ooredoo di pilar Pendidikan sebagai upaya membangun bangsa Indonesia sebagai Digital Nation.

Melalui program ini, Indosat Ooredoo mengajak generasi muda Indonesia untuk menggeluti bidang teknologi digital dengan memberikan pelatihan online yang mencakup kelas Mobile Android Native, Android Kotlin, dan Progressive Web Apps di tingkat beginner dan expert. Selain pelatihan, di akhir program para peserta akan menerima tawaran kerja untuk berkarir professional.

Modul pelatihan online dalam program ini dikembangkan oleh Dicoding selaku Google Authorized Training Partners di Indonesia, bekerja sama dengan Indosat Ooredoo.

Indosat Ooredoo dan Dicoding berharap dengan mengikuti program ini, developer dapat memiliki skill sesuai standar global dan dapat memiliki daya saing dengan negara lain di dunia.

Salam,
Indosat Ooredoo Digital Camp