F.A.Q Seputar Beasiswa

Untuk unsubscribe dari langganan sms, Anda dapat mengirimkan email ke idcamp@dicoding.com dengan subject [Unsubscribe SMS]

Pada dasarnya fokus program IDCamp dan DTS ini sama yaitu mencetak talenta digital Indonesia yang bersertifikasi.

IDCamp merupakan salah satu komitmen Indosat Ooredoo dalam mendukung program pemerintah untuk mengisi kebutuhan talenta digital di Indonesia yang mencapai 600.000 talenta digital per tahun.

Mekanisme pembelajaran di IDCamp sepenuhnya dilakukan secara online. Setelah pelatihan kelas developer selesai, semua peserta IDCamp juga berkesempatan mengikuti IDCamp Challenge, sebuah kompetisi membuat aplikasi menggunakan use case yang dikembangkan Indosat Ooredoo.

Di akhir program, Indosat Ooredoo dan Dicoding akan membantu talenta digital terbaik lulusan IDCamp untuk mendapatkan akses pekerjaan.

Informasi resmi terkait IDCamp 2021 dapat diperoleh melalui kanal komunikasi berikut:

Benar. Peserta IDCamp 2021 akan mendapatkan sertifikat elektronik jika berhasil lulus dari pelatihan online level pemula, menengah, mahir dan profesional di semua alur belajar.

Benar. Indosat Ooredoo dan Dicoding akan membantu talenta digital terbaik lulusan IDCamp 2021 untuk mendapatkan akses pekerjaan.

Boleh. Peserta IDCamp tidak harus sudah mahir coding/pemrograman. Selama memenuhi persyaratan, peserta dapat mempelajarinya terlebih dahulu secara online di level dasar dan pemula masing-masing alur belajar, sebelum mengikuti level menengah, mahir dan profesional.

Peserta tersebut akan tetap bisa mendapatkan beasiswa kelas yang belum lulus di alur belajar yang dipilih. Misalnya: Peserta mendaftar alur belajar Android Developer, namun sudah pernah lulus kelas level dasar dan pemula. Maka peserta tersebut akan tetap berpeluang untuk mendapatkan beasiswa kelas level menengah, selama nilai kelulusan level dasar dan pemulanya adalah lebih baik dari peserta IDCamp 2021 lainnya di alur belajar yang sama.

Tidak. Satu (1) peserta hanya dapat mengikuti 1 alur belajar dalam IDCamp 2021 secara online.

Benar. Seluruh peserta IDCamp 2020 diperkenankan untuk kembali mengikuti IDCamp 2021, selama peserta tidak dalam status blacklist dalam IDCamp 2019 dan 2020.

Metode pembelajaran IDCamp 2021 adalah sepenuhnya online (menggunakan modul belajar dari Dicoding selaku Google Authorized Training Partners di Indonesia).

Tersedia fasilitator dan forum diskusi online untuk membantu para peserta menyelesaikan semua modul belajar secara online dan mandiri, mulai level menengah sampai dengan profesional.

Seluruh peserta IDCamp 2021 akan mendapatkan informasi pengumuman penerima beasiswa melalui email yang sudah didaftarkan.

Silakan melihat menu JADWAL untuk melihat detil waktu pelaksanaan IDCamp 2021 secara lengkap.

Tidak bisa, peserta diharuskan memiliki Mac Device untuk menyelesaikan alur belajar iOS Developer.

Peserta IDCamp 2021 bisa mengikuti salah satu dari Learning Path (Alur Belajar) Utama berikut secara online:

  • Android Developer
  • Front-End Developer
  • iOS Developer (Syarat: harus memiliki Mac Device)
  • Machine Learning Developer
  • Multi-Platform App Developer
  • Back-End Developer

Kelas dalam alur belajar Utama tersedia mulai dari level dasar (basic), pemula (beginner), menengah (intermediate), mahir (expert) hingga profesional (professional).

Benar, selama alokasi beasiswa masih tersedia. Pertama, setiap peserta yang telah mendaftar IDCamp akan mendapatkan beasiswa belajar coding level dasar dan pemula secara online (yang akan diinformasikan via email paling lambat 2×24 jam setelah verifikasi pendaftaran dinyatakan berhasil). Kemudian peserta IDCamp yang berhasil menyelesaikan level dasar dan pemula dengan progress terbaik, akan berkesempatan untuk mendapatkan tambahan beasiswa belajar coding level menengah, mahir dan profesional secara online.

Kriteria utamanya adalah kualitas submission (dalam bentuk skor angka) dan durasi penyelesaian submission (berapa lama submission diselesaikan 100%) dari level sebelum nya di alur belajar yang sama. Misal untuk mendapatkan beasiswa level menengah, akan melihat score dari kelas dasar dan pemula.

Indosat Ooredoo akan memberikan 20.000  beasiswa belajar coding untuk developer muda Indonesia.

Tidak. Program IDCamp 2021 dapat diikuti sepenuhnya secara GRATIS.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia 29 tahun atau kurang pada 31 Desember 2021 (kelahiran 1 Januari 1993 atau setelahnya)
  • Berprofesi sebagai guru SMA/SMK (apabila berusia di atas 29 tahun)

Indosat Ooredoo melihat tingginya kebutuhan terhadap talenta digital di Indonesia. Mengutip dari laman kominfo.go.id, yang menyebutkan Indonesia membutuhkan 600.000 talenta digital per tahun.

Melihat kondisi ini, Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan yang berkomitmen mengembangkan ekosistem digital di Indonesia, merasa perlu ambil bagian dengan menyiapkan “bahan bakar” dari ekosistem digital tersebut, yaitu developer dengan keterampilan dan pengetahuan yang diakui industri global, untuk mampu bersaing di era ekonomi digital.

Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) adalah sebuah program beasiswa dari Indosat Ooredoo untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital. IDCamp merupakan implementasi dari program CSR pilar Pendidikan.

Punya Pertanyaan Lain?